Senin, 17 Maret 2014

23.37
Leader berarti seorang pemimpin, yaitu seseorang yang memimpin barisan, kelompok, komunitas, organisasi atau perusahaan. Yaa! mereka yang berada dibarisan terdepan, mereka yang memiliki tanggungjawab terbesar dalam suatu kelompok manusia. Sebelum kita menjadi leader untuk orang lain maka terlebihlah kita untuk mampu memimpin diri kita. Postingan kali ini saya akan membahas bagaimana menjadi leader untuk diri sendiri. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar kita dapat memimpin diri kita dengan baik, berikut :
1. Kenali diri kita
Ini adalah hal yang paling mendasar, mengenali diri berarti mengetahui kelebihan, kekurangan diri kita dan mengetahui apa yang kita inginkan. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan untuk memimpin diri kita.
2. Buat aturan untuk diri sendiri
Dalam organisasi atau perusahaan terdapat aturan yang dibuat agar setiap anggotanya dapat berjalan pada koridor dan tujuan yang sama. Seorang pemimpin yang baik tentu akan patuh terhadap aturan yang dibuat, begitupun dengan diri kita aturan yang dibuat agar dapat menjaga keharmonisan mental dan keseimbangan emosi kita.
3. Kendalikan emosi
Pastilah pada suatu titik kita dihadapkan pada kenyataan tidak semua hal yang kita inginkan berjalan mulus, semulus pantat bayi. Ada kiranya kita dihadapkan pada sebuah kenyataan yang tidak kita inginkan. Menyerah dilakukan oleh pecundang, sementara pemimpin bangkit dan tetap tegak berdiri setelah itu menatap kedepan dan lari. Ya. Seorang pemimpin dapat mengendalikan emosinya sehingga tetap fokus untuk mencapai tujuan.
4. Maafkan diri sendiri
Kodrat sebagai seorang manusia tentunya pernah melakukan kesalahan, yang pada akhirnya menyesal untuk diri sendiri. Namun bukan itu yang dilakukan pemimpin, pemimpin menganggap hal itu sebagai pembelajaran untuk lebih baik. Mustahil orang hebat itu tanpa suatu proses yang membuatnya tampak tegar dalam mengambil keputusan. Ya. Pemimpin itu berproses, salah satu prosesnya memaafkan diri sendiri, menilainya sebagai pembelajaran.
5. Beri penghargaan untuk diri sendiri
Orang hebat memiliki buku “mimpi” –meski tidak semuanya– yang bertuliskan target target untuk masa depan, jangka pendek maupun panjang yang akan dicapai. Ketika target tercapai maka bersyukurlah dan beri penghargaan, misalnya ketika mendapat makul nilai A maka beli Mister Burger (bukan iklan). Hal tersebut akan memotivasi diri untuk lebih baik dan lebih baik lagi. Tujuannya menjaga semangat dan tetap fokus pada tujuan tujuan di buku “mimpi”.

0 komentar:

Posting Komentar